• Selasa, 7 Februari 2023

Sederet Risiko Menikah Muda: Dari Masalah Ekonomi, Gangguan Psikis, KDRT hingga Perceraian

- Minggu, 1 Januari 2023 | 19:00 WIB

halopedeka.com - Akhir-akhir ini banyak beredar ajakan untuk Menikah muda dengan alasan untuk menghindari perzinahan. Namun tahukah kamu, Menikah muda atau perkawinan usia anak tidak semudah yang dibayangkan.

Pasalnya, Menikah muda cenderung memiliki lebih banyak risiko jika tidak dipertimbangkan secara matang. Itu sebbanya batasan usia menikah dalam revisi UU Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974 dinaikkan menjadi 19 tahun.

Bahkan menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Menikah muda adalah pernikahan yang dilakukan pada usia kurang dari 21 tahun. Karena di bawah usia 21 tahun, tubuh perempuan masih terus mengalami penyempurnaan dan belum siap untuk melakukan reproduksi

Di Indonesia, Menikah muda masih menjadi polemik yang ramai diperbincangkan. Sebagian kalangan ada yang memandang Menikah muda positif karena secara agama dapat menghindari muda-mudi dari perzinahan.

Baca: Ini yang perlu kamu ketahui tentang kesehatan reproduksi dan seksualitas

Alasan lainnya adalah terkait perekonomian. Beberapa orang tua memilih untuk menikahkan anak perempuannya yang masih belia dengan pria dewasa yang memiliki perekonomian mapan dengan harapan anaknya dapat memiliki kehidupan yang lebih layak kelak setelah Menikah muda.

Kesadaran untuk Menikah muda juga lahir dari muda-mudi yang ingin memiliki anak lebih cepat. Mereka menganggap dengan memiliki anak di usia muda, jarak usia dengan anak menjadi tidak terlalu jauh, sehingga anak diharapkan dapat lebih dekat dengan orang tua selayaknya teman.

Alasan-alasan tersebut sebenarnya tidak salah. Namun, Menikah muda tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya, banyak tekanan yang akan menghampiri pasangan muda yang telah menikah mulai dari masalah finansial, kesiapan mental, tekanan sosial, hingga kurangnya pengalaman dalam menghadapi masalah pernikahan.

Jika tidak dipersiapkan secara matang, ada beberapa risiko dari nikah muda. Berikut risiko Menikah muda sebagaimana dilansir Alodokter:

Halaman:

Editor: Pramesti Utami

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anak Juga Bisa Kena, Kenali Gejala Kanker Berikut Ini!

Minggu, 5 Februari 2023 | 19:00 WIB

Berbenah, Pasar Sukawati Makin Asyik Dikunjungi

Kamis, 2 Februari 2023 | 15:00 WIB

Penanganan Khusus untuk Anak Hamil

Jumat, 27 Januari 2023 | 19:00 WIB

Cara Mudah Meningkatkan Minat Membaca

Sabtu, 21 Januari 2023 | 10:00 WIB

Awas, Masa Remaja Rawan Kesehatan Mental! Ini Tandanya

Minggu, 15 Januari 2023 | 20:00 WIB
X