• Selasa, 7 Februari 2023

Menguak Kemampuan Kognitif pada Binatang

Pramesti Utami
- Jumat, 13 Januari 2023 | 15:00 WIB

halopedeka.com - Hewan kerap menunjukkan kemampuan kognitif yang mengejutkan. Tapi apakah hewan juga bisa berpikir logis? Untuk menegaskan hal itu, dilakukan rangkaian tes matematika untuk mengetahui kemampuan kognitif hewan.

 
Ahli neurobiologi Ilka Diester meneliti kemampuan kognitif hewan. Ia bisa menunjukkan,  hewan memiliki potensi kecerdasan atau kemampuan kognitif lebih besar daripada yang diduga selama ini. Menurut Diester, kita menganggap enteng hewan.
 
"Sekarang kita tahu, hewan punya banyak kemampuan yang dulu kita kira, hanya dimiliki manusia", ujar Diester. Mulai dari ingatan jangka pendek yang sangat baik, kemampuan membuat keputusan cerdas, bahkan hal yang abstrak, yakni tahapan awal kemampuan menghitung sebagai bukti kemampuan kognitif hewan.

Para peneliti dari Italia juga melakukan riset, apakah anak ayam bisa berhitung untuk meneliti kemampuan kognitif hewan. Mereka pertama-tama melatih anak ayam, agar menganggap bola-bola berwarna sebagai salah satu dari mereka. Kemudian bola-bola itu disembunyikan di dua tempat dalam jumlah berbeda. Anak ayam kemudian bisa melihat bagaimana bola-bola ditukar di antara dua tempat persembunyian.

Kemudian anak ayam mencari kelompok bola. Ilka Diester mengungkap, anak ayam selalu berusaha mendekat ke kelompok yang lebih besar, karena di sana mereka merasa lebih aman dari musuh yang bisa memangsa. Jadi mereka mencari kelompok yang lebih besar. Unggas itu bisa mengidentifikasi kelompok yang lebih besar. Ini salah satu bukti kemampuan kognitif hewan.

Diester menjelaskan lebih jauh, ini disebut: kesadaran akan jumlah. Anak ayam bisa membedakan antara lebih sedikit dan 'lebih banyak‘. Itu dasar matematika, tapi tidak sama dengan berhitung, begitu ditekankan ahli neurobiologi itu tentang kemampuan kognitif hewan.

Simpanse kenali urutan angka

Tapi sebuah rekaman yang dibuat di institut penelitian primata di Universitas Kyoto menunjukkan, simpase bisa mengenali angka dalam urutan menanjak.

Dalam tes standar yang lebih tinggi, angka hilang dari layar, dan diganti gambar beberapa kotak. Tapi kera besar itu tetap bisa memilih angka yang semakin besar dalam urutan yang benar. 

Ilke Dister menjelaskan, dalam hal ini orang bisa mendapat ide, bahwa kera besar itu benar-benar bisa berhitung. “Tapi primata ini sebenarnya hanya terlatih untuk menyentuh kotak di layar dalam urutan yang benar,“ kata Dister lebih lanjut. Itu mereka pelajari lewat latihan bertahun-tahun, dan itu bisa mereka lakukan dengan sangat cepat dan dengan presisi tinggi.

Itu menunjukkan ingatan jangka pendek yang sangat baik dari hewan-hewan ini. Tapi ada juga tes yang menunjukkan, monyet memang bisa berhitung. Misalnya simpanse lain, yang juga berada di Universitas Kyoto. Dalam waktu singkat, ia bisa menangkap jumlah titik yang ditunjukkan, dan memilih angka yang tepat.

Halaman:

Editor: Pramesti Utami

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa Rahasia Umur Panjang hingga 100 Tahun

Selasa, 24 Januari 2023 | 19:00 WIB

Menguak Kemampuan Kognitif pada Binatang

Jumat, 13 Januari 2023 | 15:00 WIB

Awas! Krisis Iklim Musnahkan Sumber Air Minum Asia

Jumat, 30 September 2022 | 12:00 WIB

Ternyata, Seperti Ini Efek Anti Diabetes Tempe

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:20 WIB
X