• Selasa, 7 Februari 2023

Apa Rahasia Umur Panjang hingga 100 Tahun

- Selasa, 24 Januari 2023 | 19:00 WIB
Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) membuka lowongan kerja.
Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) membuka lowongan kerja.
 

halopedeka.com - Hidup melewati usia 100 tahun bahkan lebih sulit. Di Amerika Serikat, sebuah penelitian jangka-panjang oleh Universitas Boston mengestimasikan bahwa hanya satu dari lima juta warga AS mampu mencapai tahap "super centenarian" - hidup setidaknya 110 tahun.

"Super centenarian" atau umur 100 tahun secara alami menarik banyak perhatian dari para ilmuwan untuk mempelajari penuaan pada manusia.

"Mereka (yang umurnya mencapai 100 tahun, red) melawan teori terhadap apa yang terjadi pada banyak orang di usia tua. Dan, kami belum yakin mengapa itu bisa terjadi," tambah Professor Lord.

Selain umur panjang, super centenarian sering kali menonjol karena kesehatannya yang relatif baik di usia mereka yang sudah melewati 100 tahun. Satu contohnya adalah Josefa Maria da Conceicao seorang pensiunan buruh perkebunan yang pada Februari 2022 menurut keluarganya berulang tahun ke-120 - usianya belum disahkan oleh tim Guinness karena masalah dokumentasi.

Menurut putrinya, Cicera, perempuan tua itu tidak perlu meditasi rutin dan masih makan daging merah dan makanan yang manis-manis.

Memang, ingatannya kabur, dan penglihatannya memburuk, tapi Cicera mengakui terkadang masih bingung dengan kondisi ibunya.

"Dia tak bisa berjalan seperti sedia kala, dan kami harus mengangkatnya, dan menggantikan popoknya seperti seorang bayi. Tapi saya masih kagum karena ibu punya umur panjang bagi seseorang yang merokok sejak kecil, dan bekerja keras sebagai buruh selama puluhan tahun," kata Cicera yang kini berusia 76 tahun.

Bukan gaya hidup sehat

Yang lebih membingungkan para peneliti adalah, beberapa orang yang mencapai usia 100 tahun atau lebih tidak semuanya punya praktik kesehatan yang baik.

Josefa Maria merokok sepanjang hidupnya, dan baru berhenti pada 2020. Dia juga tumbuh di lingkungan miskin di Brasil yang secara sosial terbelakang, di wilayah bagian timur laut.

Halaman:

Editor: Pramesti Utami

Tags

Terkini

Apa Rahasia Umur Panjang hingga 100 Tahun

Selasa, 24 Januari 2023 | 19:00 WIB

Menguak Kemampuan Kognitif pada Binatang

Jumat, 13 Januari 2023 | 15:00 WIB

Awas! Krisis Iklim Musnahkan Sumber Air Minum Asia

Jumat, 30 September 2022 | 12:00 WIB

Ternyata, Seperti Ini Efek Anti Diabetes Tempe

Jumat, 5 Agustus 2022 | 16:20 WIB
X