• Selasa, 7 Februari 2023

Perlu Memperkuat Literasi Agar Dapat Mengatasi Berbagai Masalah Hidup

- Jumat, 20 Januari 2023 | 10:00 WIB

 

Halopedeka.com-  Makna literasi sering dikaitkan dengan kemampuan memiliki kecakapan bahasa, yaitu membaca dan menulis semata.

Di masyarakat makna literasi tidak hanya dikaitkan dengan  kemampuan baca tulis tapi juga diperluas pengertiannya dengan kemampuan membaca tren ekonomi, keuangan, teknologi, digitalisasi, sain, dan numerasi.

Cara untuk meningkatkan kemampuan literasi adalah melalui proses pendidikan baik formal maupun non formal, sehingga makin tajam kemampuan literasinya.

Baca Juga: Netizen Sarankan Venna Melinda Pergi Ke Psikolog Pasca KDRT dari Ferry Irawan

Kemampuan literasi merupakan hal yang sangat penting dalam hidup kita. Karena orang yang memiliki kemampuan literasi dapat melakukan tugasnya dengan baik.

Tarwotjo dalam Wiyanto (2006) mengatakan bahwa aktivitas literasi berupa tulisan adalah sebuah warisan intelektual yang tidak akan kita temukan di zaman prasejarah.

Jenis literasi dalam bentuk tulisan merupakan bentuk rekaman sejarah yang dapat diwariskan dari generari ke generasi, bahkan hingga berabad-abad lamanya.

Baca Juga: Hati-Hati Potensi Tsunami di Selatan Jawa, Bagaimana Mitigasi Gempa Bumi Megathrust?

Tulisan merupakan  sarana untuk belajar para peserta didik di lembaga lembaga sekolah mulai tingkat dasar sampai perguruan tinggi.

Halaman:

Editor: Erlangga Masdiana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Membaca Adalah Kunci

Jumat, 27 Januari 2023 | 14:03 WIB
X