• Selasa, 29 November 2022

BNPT Sebut Percobaan Perempuan Bercadar Terobos Masuk ke Istana Merdeka Bawa Senpi Bukan Hal Baru

- Rabu, 26 Oktober 2022 | 12:10 WIB

halopedeka.com - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyatakan bahwa peristiwa percobaan menerobos masuk ke dalam Istana Merdeka dengan membawa senjata api bukan hal yang baru.

"Kejadian teror yang melibatkan perempuan di Indonesia bukan peristiwa baru," ucap Direktur Pencegahan BNPT, R Ahmad Nurwakhid, Selasa (25/10/2022).

Menurut dia, peristiwa ini mengingatkan pada ancaman bom di istana yang terlebih dahulu digagalkan oleh aparat penegak hukum pada tahun 2016 silam.

"Salah satu calon pengantin yang ingin melakukan aksi di istana terlebih dahulu diamankan oleh Densus 88 yang juga pelakunya adalah perempuan, Dian Yuli Novi dan ada juga Zazkia Aini yang melakukan penyerangan ke Mabes Polri pada tahun 2021," urainya.

Baca Juga: Situs Milik UGM Kembali Jadi Sasaran Hacker, Ternyata Setiap Hari UGM Kena Retas Ribuan Kali Setiap Hari

Nurwakhid menegaskan, BNPT memang telah mewaspadai tingkat kerentanan perempuan untuk direkrut dan dijadikan pengantin oleh kelompok teroris.

Dalam jaringan teroris, perempuan tidak lagi menjadi aktor pendukung dan simpatisan, tetapi sudah diposisikan sebagai pelaku atau martir.

"Pemanfaatan perempuan dalam aksi terorisme memang trend baru khususnya yang dilakukan ISIS baik dilakukan dengan jaringan atau lone wolf yang tidak terikat komando dan jaringan," jelas dia.

Baca Juga: Tak Ada Perlakuan Istimewa untuk Nikita Mirzani, Ditempatkan di Sel Tanpa AC Bersama 8 Warga Binaan LapasBaca Juga: KSP Moeldoko Sebut Potensi Radikalisme Meningkat di Tahun Politik 2023 - 2024

Halaman:

Editor: Ari Utari

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ada Guru Yang Tertimpa Longsoran Gempa Cianjur

Jumat, 25 November 2022 | 10:00 WIB

Waspada dan Bahaya, Dampak Penyakit Diabetes

Kamis, 24 November 2022 | 17:07 WIB

Elektabilitas Prabowo Tinggi di Kalangan Wong Cilik

Rabu, 16 November 2022 | 08:00 WIB
X