• Selasa, 29 November 2022

Anda Kesulitan Urus Paspor? Ternyata, Jutaan Paspor Diterbitkan Di Malaysia

- Kamis, 24 November 2022 | 19:00 WIB

halopedeka.com-  Negara Malaysia sebagai negara jiran banyak menggunakan tenaga kerja dari Indonesia, sudah pasti pemerintah harus memberikan pelayanan pemberian paspor bagi mereka.

Pelayanan pengurusan paspor dalam dekade terakhir ini relatif lebih mudah dan terstruktur dengan baik. Karena sudah menggunakan sistem pelayanan online dengan kepastian waktu dan pelayanan tidak perlu menggunakan calo lagi.

Sejak diberlakukannya kebijakan Paspor RI berlaku 10 tahun mulai tanggal 12 Oktober 2022, ribuan paspor 10 tahun itu telah diterbitkan baik di kantor imigrasi (Kanim) di dalam negeri maupun di Kantor Perwakilan RI (KPRI) di luar negeri.
"Yang sudah kami terbitkan sebanyak 4.148 paspor, dari tanggal 12 Oktober sampai tanggal 5 November 2022.

Baca Juga: Mempertajam Mata Bisa Memanfaatkan Daun Kelor. Ini Caranya

"Kalau kami lihat, antusias warga cukup tinggi sejak pertama kali dibuka,” kata Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Imigrasi Kelas I Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Batam Tessa Harumdilla di Batam Kepulauan Riau (Kamis, 10/11/22).

Sementara itu Konsulat Republik Indonesia (KRI) di Tawau, Negara Bagian Sabah-Malaysia Timur sampai dengan tanggal 7 Nopember 2022 telah menerbitkan sebanyak 2.102 buah. Demikian keterangan Ferry Tri Ardiansyah Staf Teknis Imigrasi pada KRI Tawau yg dihubungi pada (08/11/22).

Ferry yg merupakan Alumni Akademi Imigrasi (AIM-10) yg saat ini berganti nama menjadi Politeknik Keimigrasian (Poltekim), telah melaksanakan tugasnya hampir 2 tahun dan merupakan Atase Imigrasi yg ke-14 sejak kantor perwakilan pemerintah RI itu ada yaitu berupa Kantor Perwakilan Imigrasi dan Bea Cukai (KPIBC) Indonesia pada tahun 1971.

Baca Juga: Menghindari Gula darah Tinggi Perlu Terapkan Kebiasaan Hidup Ini

Harsongko ialah pejabat imigrasi pertama yg menjabat selama dua tahun sedangkan penulis sendiri merupakan pejabat imigrasi yg ke-9 yg mulai bertugas pada tahun 2006.

Halaman:

Editor: Erlangga Masdiana

Sumber: laporan Dodi Karnida

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Usut Tuntas Kasus Tewasnya Mahasiswa UI

Senin, 28 November 2022 | 07:51 WIB

Guntur Hamzah akan dilantik Jadi Hakim MK

Rabu, 23 November 2022 | 07:17 WIB
X