• Selasa, 7 Februari 2023

Dari Lab Pasti Dapat Bergerak Cepat Merevitalisasi Imigrasi

- Jumat, 25 November 2022 | 20:00 WIB

 

halopedeka.com-  Nama lelaki Lucky pasti asal muasalnya berasal dari kata lucky dalam Bahasa Inggeris yg artinya keberuntungan. Pemberian nama dari orang tua kepada anaknya bisa berbentuk doa atau harapan. Mungkin juga demikian harapan orang tua kepada DR. Lucky Agung Binarto, SH., MH. (lahir 12 Desember 1964) Staf Ahli Bidang Ekonomi Kementerian Hukum dan HAM yg dilantik Menkumham pada tanggal 17 Juni 2021.

Saat ini nama beliau berada pada urutan nomor 2 dalam Pengumuman Ketua Panitia Seleksi Nomor SEK-KP.03.03-814 tanggal 23 Nopember 2022 tentang Hasil Akhir Seleksi Terbuka Jabatan Tinggi Madya Direktur Jenderal Imigrasi. Nama pertama dan ketiga masing-masing yaitu Silmy Karim (Direktur Utama Krakatau Steel), dan Julexi Tambayong (Purnawirana TNI-AU). Dari ketiga nama tersebut yg merupakan hasil seleksi terbuka dalam dua gelombang penyaringan, akan diolah kembali untuk kemudian kepada salah satunya akan diterbtikan Surat Keputusan Presiden sebagai Direktur Jenderal Imigrasi.

Baca Juga: Ini Syarat Guru Non Sertifikasi Dapat Tunjangan Tambahan dari Kemendikbud Ristek

LAB yg meraih Doktor Ilmu Hukum dari Universitas 17 Agustus Surabaya pada Juli 2021, sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Umum Kemenkumham, Kakanwil Riau, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam dan Kepala Divisi Keimigrasian Jawa Timur serta jabatan keimigrasian lainnya.
DR. LAB ialah lulusan Pendidikan Tekhnis Keimigrasian (PTK-16) yg merupakan PTK Sarjana setelah PTK Sarjana sebelumnya yaitu PTK-9.

Bagi kalangan intern keimigrasian maupun Kemenkumham, ia pasti menjadi idaman untuk menduduki jabatan sebagai Imigrasi-1 karena ia merupakan pejabat imigrasi murni, lulusan pendidikan teknis keimigrasian yg saat dulu merupakan bagian dari Akademi Imigrasi (AIM) dan saat ini menjadi Politeknik Imigrasi (Poltekim) pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemenkumham.

Baca Juga: Ini Alasan Febri Diansyah Bela Putri Candrawathi Bikin Masyarakat Berdecak

Demikian juga jika dilihat dari rekam jejak karir keimigrasiannya. Ia merupakan orang yg mumpuni, karena pernah menjadi Atase Imigrasi di Jerman dan Asisten Atase Imigrasi di Singapura. Ia sudah berkarir puluhan tahun, timbul tenggelam bersama jajaran keimigrasian, berkarir merangkak dari bawah sehingga aura keimigrasian selalu menyertai dalam setiap detik kehidupannya.
Sebagai manusia, kita hanya dapat berencana dan berharap karena keputusan terakhir berada pada dzat Yang Maha Mulia, Tuhan Yang Maha Esa.

Dan jika Dirjen Imigrasi nanti siapapun yg terpilih, saya pribadi berharap sebagai berikut :

1. Melakukan penataan kesisteman untuk jangka waktu 23 tahun ke depan agar pada usia Indonesia menginjak 100 tahun kemerdekaannya, kesisteman imigrasi yg setiap hari bebannya semakin bertambah seiring dengan dinamika pelayanan dan pengawasan keimigrasian kepada masyarakat (WNI/WNA); informasi dan teknologi kesistemannya berkelas dunia sejajar dengan negara-negara maju, nir atau bahkan nihil gangguan;

Halaman:

Editor: Erlangga Masdiana

Sumber: Analisa Dodi Karnida

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peta Koalisi Partai di Pilpres 2024

Kamis, 2 Februari 2023 | 19:00 WIB
X