• Selasa, 7 Februari 2023

Kerusuhan di Pabrik Smelter PT GNI Morowali Utara Sulteng Diduga Dipicu Penganiayaan Oleh TKA?

- Senin, 16 Januari 2023 | 11:00 WIB

 

Halopedeka.com-  Terjadi kerusuhan di di PT Gunbuster Nickel Industry (PT GNI),  perusahaan smelter, yang berada di kabupaten Morowali Utara Sulawesi Tengah (Sulteng).

Kerusuhan itu merupakan bentrok antar karyawan PT. GNI di Kabupaten Morowali Utara terjadi pada Sabtu (14/1/2023).

Kerusuhan  yang ditandai pengrusakan, pembakaran dan penjarahan tersebut diduga dipicu oleh penganiayaan oleh oknum Tenaga Kerja Asing (TKA) terhadap Tenaga Kerja Indonesia.

Baca Juga: Ini Alasan Febri Diansyah Bela Putri Candrawathi Bikin Masyarakat Berdecak

Kabid Humas Polda Sulteng, Kombes Pol. Didik Supranoto mengatakan sebelum bentrokan terjadi sempat ada pertemuan antara karyawan yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPN) PT. GNI dengan pihak perusahan pada Jumat (13/1/2023).

"Akhirnya terjadilah pembakaran dan terjadilah keributan. Saling serang, 2 pekerja di PT. GNI tewas. Satu orang dari tenaga kerja lokal dan satu orang lagi dari tenaga kerja asing," jelas Didik.

Delis Julkarson Hehi, bupati Morowali Utara, Sulteng menjelaskan bahwa diduga keras kerusuhan antar karyawan di PT GNI tersebut karena ada provokator.

Baca Juga: Menpan RB Membahas Bersama DPR Bagaimana Nasib Tenaga Honorer 2023. Ini Solusinya

"Kami tidak ingin suasana tenteram dan damai yang selama ini terjaga di Morut, dirusak oleh para provokator," ujar Delis Julkarson Hehi.

Lebih lanjut Delis Julkarson mengatakan, "Kami menginginkan kehadiran investor untuk mengelola potensi daerah bagi kesejahteraan masyarakat," ujarnya (15/1/2023).

Halaman:

Editor: Erlangga Masdiana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peta Koalisi Partai di Pilpres 2024

Kamis, 2 Februari 2023 | 19:00 WIB
X