• Selasa, 7 Februari 2023

30 Hari Kampanye Partisipatif Hari PRT Nasional Desak Pengesahan RUU PPRT

- Selasa, 24 Januari 2023 | 09:00 WIB
Para PRT mengadu ke KSP, Rabu (4/1/2023). Foto: Jala PRT
Para PRT mengadu ke KSP, Rabu (4/1/2023). Foto: Jala PRT

halopedeka.com -  Koalisi Sipil untuk Undang-undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (UU PPRT) mengapresiasi pernyataan Presiden Jokowi yang mendorong agar RUU PPRT segera disahkan. 

Koalisi Sipil untuk UU PPRT berharap pernyataan Presiden ini akan menjadi momentum untuk memecah kebuntuan pembahasan UU PPRT. Koalisi akan memanfaatkan momentum ini dengan melakukan aksi bersama selama satu bulan penuh untuk menyambut Hari PRT Nasional yang diperingati setiap tanggal 15 Februari. 

Sejumlah organisasi masyarakat sipil anggota Koalisi sepakat untuk mengundang partisipasi masyarakat luas untuk melakukan aksi-aksi simpatik secara mandiri di seluruh Indonesia mulai hari ini, Senin (23/1/23) hingga puncak peringatan Hari PRT Nasional pada 15 Februari 2023.

Koalisi berharap berbagai kegiatan dan kampanye partisipatif ini menjadi dorongan bagi DPR untuk segera mengesahkan RUU PPRT menjadi inisiatif DPR sehingga bisa segera dibahas dan disahkan.

Luviana dari Konde.co yang juga koordinator kampanye mengajak masyarakat yang melakukan kampanye mandiri dijadikan konten kampanye digital di media sosial. 

Eva Sundari dari Institut Sarinah yang juga Koordinator Koalisi Sipil untuk UU PPRT mengharapkan kampanye partisipatif selama sebulan penuh ini, bukan saja untuk memberikan semangat kepada DPR agar segera menjadikan RUU PPRT sebagai inisiatif DPR tetapi juga untuk masyarakat luas.

Menurutnya, masih banyak masyarakat yang menolak RUU PPRT karena salah mengerti akibat berbagai asumsi/praduga yang sebenarnya tidak ada di materi RUU PPRT.

“Tidak ada yang perlu ditakuti, karena isi RUU berupa ajakan menuju kebaikan bagi semua pihak. Bukan saja untuk kebaikan PRT, tetapi juga untuk keuntungan bagi pemberi kerja dan penyalur,” kata Eva Sundari.

Berada di barisan paling depan, Jaringan Nasional untuk Advokasi PRT (Jala PRT) dan Serikat PRT Sapulidi Jakarta akan meneruskan Aksi Rabuan menuntut pengesahan RUU PPRT di depan Gedung DPR RI.

Beberapa LSM Perempuan melanjutkan kerjasama dengan TV Desa menyelenggarakan Webinar pembahasan RUU PPRT dari perspektif ekonomi makro tiap Senin jam 19.30 melalui Youtube TV Desa.

Halaman:

Editor: Pramesti Utami

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kereta Api Digalakkan untuk Transportasi Hijau

Jumat, 3 Februari 2023 | 09:00 WIB

Cara Pemerintah Selamatkan Hutan di Jawa

Senin, 30 Januari 2023 | 09:00 WIB

Perkawinan Anak: Bukan Solusi Tapi Menambah Masalah

Jumat, 27 Januari 2023 | 17:00 WIB

Bakrie Amanah menjadi Lembaga Amil Zakat

Kamis, 26 Januari 2023 | 10:07 WIB

Ayo Kerja Sama untuk Peningkatan Kualitas SDM

Selasa, 24 Januari 2023 | 10:32 WIB

Berbagai Kegiatan Digelar Jelang 1 Abad NU

Senin, 23 Januari 2023 | 11:00 WIB
X